Friday, April 26, 2013

Motivasi Belajar Hidup Dari Semut


Motivasi Belajar Hidup Dari Semut
Halo sobat semua, kembali lagi bersama kami outbound malang. Seperti biasa kami akan memberikan motivasi untuk anda. Baca dulu ya,,, J
Belajar bisa di dapat dari mana saja, tidak harus dari buku, televisi, sekolah atau yang lain-lain. Alam juga bisa member kita pelajaran, contoh saja semut. Meskipun semut itu hewan yang kecil. Tapi semut juga bisa member pelajaran bagi kita. Adapun peajaran yang dapat kita ambil dari semut antara lain:

àNever Give Up
Pernahkah anda menghalangi jalan semut. Si semut akan mencari jalan lain. Dan anda menghalangi lagi semut itu, semut itu akan mencari jalan lain lagi. Seekor semut tidak pernah mencerah untuk mencari jalan lain. Jadi bagi anda jangan pernah untuk mencari jaln keluar jika menemui sebuah halangan/hambatan.

àTeam Work
Kalau anda ingin belajar bekerjasama, contohlah seekor semut. Seekor semut setiap menemukan makanan besar selalu di bawa bersama-sama. Jika makanan itu masih terlalu besar, makanan itu mereka robek menjadi bagian lebih kecil supaya lebih mudah di bawa. Ketika semut tersebut menemukan sebuah lubang, semut yang lain rela menjadi jembatan untuk semut yang lain supaya bisa melawati jalan yang berlubang tersebut. Tujuan mereka hanya satu yaitu menyelesaikan pekerjaan berat tersebut.

àMempersiapkan Bekal
Pada saat musim kemarau, mereka kumpulkan persediaan logistik dalam gudang yang dibangun didalam sarang mereka yang jumlahnya cukup untuk ribuan semut anggota keluarga mereka. Hal tersebut sebagai bekal mengantisipasi saat musim hujan yang menyebabkan semut sulit mencari makanan di luar sarang. Saat musim hujan, koloni semut juga masih tetap mencari makanan meskipun berjuang lebih keras melawan hujan. Di dalam dunia semut  terjadi pembagian tugas yang jelas dan tegas, siapa mengerjakan apa dan bertanggun jawab terhadap apa. Ratu bertugas bertelur, ada semut-semut yang bertugas merawat telur-telur, pejantan bertugas membuahi si Ratu dan setelah menyelesaikan tugasnya, biasanya langsung mati. Semut pekerja bertugas mencari makanan untuk kebutuhan semua, ada juga semut yang menerima persediaan makanan yang dibawa oleh para semut pekerja tadi dan menyimpannya di semacam gudang penyimpanan,kayaknya merekalah yang bertugas menjaga persediaan makanan. Semut tersebut mengerjakan apa yang menjadi tugasnya, tidak ada yang merasa lelah, jenuh, apalagi protes.

àJago Mencium Peluang
Buatlah percobaan, taruh sedikit gula yang tidak ada semutnya dan tinggalah beberapa saat kemudian kembalilah untuk melihat keadaan tersebut. Tempat yang dulu belum ada semutnya sekarang banyak semut  di sekitar gula tersebut.
Dari seekor semut kita bisa mengambil pelajaran. Semut selalu berusaha untuk bisa melewati semua rintangan, tidak pernah putus asa. Sedangkan kita sebagai manusia yang punya akal pikiran kadang-kadang mudah ptus asa dan berhenti di tengah jalan sebelum mereka mencapai tujuanya.

          Baiklah sobat, itu tadi motivasi yang dapat outboundmalang sampaikan. Semoga bermanfaat ya,,

No comments:

Post a Comment